Curhatan Anak Kos

   Oke, kira-kira udah satu tahun setengah gue jadi anak kos, dan di postingan sebelumnya udah gue jelasin perubahan hidup gue setelah menjadi anak kos. Sebenernya ada asiknya juga sih jadi anak kos, gue jadi bisa tidur sampe malem sambil ngegame tanpa harus dimarahin ibu gue atau bisa suka-suka gue nulis dan basket tanpa harus ketahuan ayahanda tercinta. Tapi yang jadi masalah sekarang adalah gue punya mak kos dan pelit. Oke, penderitaan pertama dimulai ketika gue harus pindah kos dari 38 ke 11. Pemilik kosnya sama, yang bikin beda, di 38 gue nggak harus ketemu tiap hari sama mak kos gue, yang artinya gue bisa bebas pulang malem, bebas ketawa setan yang super keras, bebas deh pokoknya. Semenjak pindah ke kos 11 ini hidup gue berubah. Awalnya nggak jadi masalah buat gue masalah mak kos yang sangat pelit air.

   Disaat semua anak yang bernasib sama kayak gue (harus pindah kos) ngeluh karena nggak lagi bebas nguras air di bak mandi, gue enjoy aja. Karena gue punya teori yang mengatakan "lo nggak bakal mati walaupun lo nggak mandi", dan gue bertahan dengan teori gue. Buktinya gue masih bisa bertahan dengan kebiasaan gue dan hidup, tapi ya nggak tahu kalau temen-temen gue yang setengah mati alias sekarat berada di deket gue. Itu mah urusan dia, yang penting gue survive kan? Oke, tapi yang bikin sebel keterlaluan adalah suatu hari gue butuh melakukan ritual sakral di kamar mandi. Gue sangat menikmati dan menghargai ritual tersebut karena itu salah satu bagian penting yang tidak bisa diganggu gugat. Hari itu gue lihat WC dalam keadaan kosong, "Aman", begitu pikir gue. Gue nyelonong masuk dan melakukan proses ritual sakral itu. Lama, lama banget proses itu berlangsung dan saatnya buat nyiram mantan penghuni perut gue itu. Zonk! air di baknya habis. Fine, gue nyalain kerannya. Air keluar kecil, kecil, dan akhirnya habis dengan bak yang belum terisi "cukup". Gue mikir keras waktu itu.Itu air mau gue pakai cebok apa gue pakai nyiram si mantan kuning yang mengapung di jamban itu. Sampe akhirnya gue putusin buat makai air itu untuk cebok. Gue berniat ninggalin si kuning dalam keadaan mengapung hari itu, tapi gue masih punya rasa kemanusiaan. Gue ambil air dari kamar mandi buat nyiram si kuning dan finish, urusan gue selesai. Gue udah ngirim si kuning ke tempat yang seharusnya. Terima kasih Tuhan. Nasib sama juga dialami temen gue sekamar yang gue panggil, mbak riri. Doi juga mengalami hal yang sama kayak gue sampe akhirnya dia phobia WC kos. Proses ritual suci mbak riri akhirnya dilaksanakan di toilet Masjid kampus gue, anytime dia bakal berangkat kalau memang si kuning mendesak keluar. Ironi memang.

   Di kos gue sendiri ada 2 kamar mandi dan 2 WC, yang satu di lantai atas dan yang satu dilantai bawah. Fasilitas itu harus dipakai adil oleh sekitar 20 orang termasuk mak kos. Lo bayangan sendiri aja deh gimana jadinya kalau dari 20 orang itu ada UTS atau ujian di pagi hari jam 7, semua. Gue sendiri Fine. Seperti biasa gue bisa langsung berangkat ngampus tanpa harus menjamah kamar mandi, cukup kumur dan sikat gigi, jadiah gue yang biasa... ancur. But well, satu peristiwa lagi adalah tadi pagi. Gue jelasi dulu runtutan ceritanya. Jadi ceritanya gue baru pulang kampung dari desa gue. Gue naik kereta ekonomi yang lo bakal tahu betapa itu bisa menjadikan diet yang ampuh buat lo. Bener-bener panas, gerah dan ramai. Keringet ngucur aja kayak air terjun. Intinya gue BAU dan lengket. Udah biasa juga sih. oke lanjut, setelah sampai gue diajakin temen-temen kampus buat latihan basket malem-malem. Alhasil badan gue semakin lengket dan bau. Gue pulang jam setengah sebelas malem dan langsung tepar di singgasana gue yang berbau khas itu. Paginya gue ada ujian jam setengah delapan. Gue bangun jam setengah lima dan sholat. setelah itu muncul niatan suci buat mandi. ternyata kamar mandi dipakai mak kos. Entah mak kos nguras bak mandi atau gimana yang jelas prosesnya lama. Sekitar jam enam kurang seper empat, mak kos keluar. "Alhamdulillah, akhirnya ketek gue kecuci" batin gue setelah nyium betapa busuknya ketek gue, mungkin bisa ngebunuh tikus tikus di kosan. Gue ambil handuk di jemuran belakang dan kamar mandi udah terpakai lagi. Rasanya gue pengen ngelepas ketek gue aja waktu itu, nggak mungkin gue sebagai penghuni kamar bawah, tiba-tiba nyelonong pakai kamar mandi atas. Akhirnya gue nunggu lagi. Anak yang nyerobot itu masuk jam enam kurang seper empat dan keluar jam setengah tujuh. Gue mikir, apa aja yang dicuci anak itu sampe hampir sejam di kamar mandi, atau jangan-jangan dia mati di kamar mandi karena kena peluru nyasar. Alhamdulillah, puji Tuhan dia keluar dengan selamat, dengan muka yang.. nggak ada bedanya menurut gue. gue batin lagi, "Ini anak mandi setaun juga mukanya nggak bakal berubah. Takdir gitu, ya gitu aja kali," oke cukup itu mungkin peristiwa kamar mandi, semoga nggak ada yang lainnya. Amiiiinn

   Lanjut, penderitaan gue yang lain adalah kebebasan yang dibatasin. Bayangin aja, di 38 gue bisa ngakak setan semau gue dan di 11 gue hanya bisa meringkik nahan ketawa karena sebelah kamar gue adalah kamar mak kos. Oh tuhan, itu penyiksaan namanya. Gue sendiri kasian sama Artur, kura-kura peliharaan gue. Gue harus ngendap ngendap ke kamar mandi buat ngeganti air kehidupan Artur dan proses itu kini harus terjadi 2 hari sekali. Oh sungguh malang nasibmu, Tur. Miris memang *terharu*. Lanjut, gue punya hobi nonton motogp, dan malang menimpa gue ketika race dilaksanakan di negara-negara eropa yang notabene-nya kelas motogp dimulai antara pukul tujuh atau delapan malem. Nggak logis banget gue harus saingan sama mak kos yang hobi nonton sinetron. Jelas gue kalah, karena status gue adalah 'Penyewa Kos', akhir punya kahir gue harus merelakan tayangan favorit pewarna hidup gue untuk kesenangan pribadi mak kos yang konyol itu. Ya Tuhan, bukakanlah mata mak kos. amin.

   Oke, itu ajasih coretan hari ini. Sampai jumpa muah muah *liur netes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Menuju Stasiun

Suara Angin Lewat

Sesekali Dalam Sehari